Minggu, 04 Juli 2010

Segera Bentuk Kabupaten Bekasi Utara





Kab. Bekasi Utara yang ingin terpisah dari kabupaten induk diharapkan bisa segera terbentuk dan pemerintah diharapkan pula segera membentuk dan merealisasikannya. Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pembentukan Kab. Bekasi Utara, Sanusi Nasihun kepada "GM", Senin (18/5) di Kantor Bupati Bekasi.

Menurut Sanusi, pembentukan Kab. Bekasi Utara sudah disetujui 81% penduduk Kab. Bekasi Utara yang terdiri atas 12 kecamatan. Sedangkan PAD dan penduduk serta luas wilayahnya, kata Sanusi, sudah memungkinkan untuk membentuk Dati II otonom baru Bekasi Utara.

Sedangkan wilayah yang akan tergabung, menurut Sanusi, terdiri atas 12 kecamatan, yakni Kec. Taruma Jaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang, Sukakarya, Sukatani, Cabang Bungin, Muara Gembong, Pabayuran, Tambun Utara, Karang Bahagia, dan Cibitung. Sedangkan jumlah penduduknya lebih kurang 2 juta orang.

Mengenai PAD sudah memenuhi persyaratan pembentukan wilayah otonom baru, yakni 1,7 triliun per tahun. Sedangkan PAD itu selama ini disumbangkan kepada pemerintah pusat yang bersumber dari perdagangan dan jasa. "Kalau wilayah ini menjadi daerah otonom baru, PAD-nya untuk membiayai belanja daerah," ujar Nasihun.

Disebutkannya, sumbangan yang terbesar wilayah ini adalah dari perdagangan dan jasa, belum lagi dari segi Industri maupun pertanian dan bahkan dari segi perikanan, terutama dari hasil kelautan, cukup menjanjikan.

Wilayah utara, khusunya Tambelang dan Cabang Bungin adalah penghasil perikanan, sedangkan dari segi pertanian disumbangkan dari Kecamatan Sukatani atau lumbang padi. Dilihat dari segi pendapatan daerah wilayah Bekasi Utara, sudah memenuhi syarat menjadi wilayah otonom baru, terpisah dari wilayah Kab. Bekasi Induk.

Oleh sebab itu menurut Sanusi, sudah selayaknya Pemprov dan Pemerintah Pusat mengkaji dan mendorong wilayah otonom. "Kami minta Bupati Bekasi Induk seharusnya mendorong wilayah menjadi Kab. Bekasi Utara agar pelayanan masarakat lebih ditingkatkan," ujarnya. (B.62)**

Sumber :
http://klik-galamedia.com/indexedisi.php?id=20090519&wartakode=20090519133530
19 Mei 2009

Sumber Gambar:

Peta Bekasi - Jabar
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bekasi

Peta Bekasi
http://bekasiutara.files.wordpress.com/2009/07/peta-bekasi.jpg

Kilang LPG Babelan
http://forum.detik.com/showthread.php?t=25043
Hutan Mangrove Muara Gembong
http://bekasitourism.com/activities.php?hal=activities-all.php&id=51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar